Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan Metropolitan Area Network  ( MAN ) Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan komputer yang bisa mencakup area yang lebih luas dari jaringan LAN ( Local Area Network ) yang udah pernah kita bahas pada postingan sebelumnya.

Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan MAN ini bisa dibilang udah menggunakan teknologi yang lebih canggih dari LAN. Bahkan Jaringan MAN ini juga bisa berupa gabungan beberapa jaringan LAN yang mampu menjangkau area dengan luas 10 hingga 50 km.

Jaringan MAN ini cocok banget dipakai buat membangun jaringan antar perkantoran atau pun instansi yang masih berada dalam satu kota. 

Biasanya jaringan MAN ini dipakai buat ngehubungin beberapa lokasi kayak perkantoran, kampus, pemerintahan, dan masih banyak lagi.

Jaringan MAN ini banyak digunakan karena kecepatan transfer datanya yang dinilai tinggi dan juga proses instalasinya yang nggak terlalu rumit. 

Di dalam jaringan MAN ini, dibutuhkan operator telekomunikasi yang nantinya jadi penghubung antar jaringan komputer.

Apa Saja Karakteristik Jaringan MAN?

Adapun karakteristik dari jaringan MAN ini sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Jaringan MAN Meliputi area yang lebih luas dari LAN, yakni mulai dari 10 hingga 50 km.
  2. Sebuah jaringan MAN biasanya nggak dimiliki sama sebuah organisasi saja. Tapi yang paling umumnya jaringan MAN ini dimiliki sama salah satu konsorsium pengguna atau  bahkan oleh penyedia layanan jaringan yang emang neydiain pelayanan ke pengguna.
  3. Jaringan MAN ini bertindak sebagai jaringan dengan kecepatan tinggi makanya bisa memungkinkan untuk berbagi sumber daya daerah. Maka dari itu, nggak heran kalau jaringan MAN ini sering dipakek buat nyediain koneksi bersama.
  4. Sekalipun jaringan MAN ini lebih gede dari jaringan LAN, teknologi dasar yang dipakai biasanya tetap sama dengan LAN, walaupun emang kalau dikembangin terus menerus jaringan MAN ini bisa lebih canggih dari LAN.
  5. Jaringan MAN cuman punya satu atau dua kabel doank dan nggak punya elemen yang namanya switching, yang berguna buat ngatur paket via beberapa output.

Fungsi Jaringan MAN

Layaknya jaringan LAN ( Local Area Network ) yang udah kita bahas pada postingan sebelumnya, jaringan MAN ini juga punya fungsi buat memenuhi kebutuhan internet di sebuah perusahaan. 

Soalnya jaringan MAN ini bakalan mempermudah pembagian dan juga penerimaan data ataupun informasi yang dishare. Apalagi pemusatan data pada Jaringan MAN ini bakal lebih mudah dilakukan.

Selain itu, melalui jaringan MAN ini, sebuah perusahaan bisa melakukan kegiatan sharing informasi baik via Video Conference, Email, maupun chat setiap saat secara real time dengan manfaatin bandwith lokal.

Kelebihan & Kekurangan Jaringan WAN

Sama halnya kayak jaringan LAN, Jaringan MAN ini juga punya kelebihan dan kekurangannya sendiri kayak yang bakal admin jelasin dibawah ini.

Kelebihan Jaringan Metropolitan Area Networ (MAN)

Adapun beberapa kelebihan dari Jaringan MAN yang perlu kamu tahu diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jaringan MAN punya area jangkauan yang lebih luas dibandingkan jaringan LAN pastinya. Hal ini bisa terjadi karena jaringan MAN ini bisa mencakup area satu kota. Makanya dengan adanya hal tersebut bisa bikin komunikasimu dengan menggunakan jaringan MAN ini jadi lebih efisien.
  2. Jaringan MAN dipake buat memperumudah urusan bisnis. Soalnya keamanan berkomunikasi via jaringan MAN Ini dinilai bisa lebih kejaga dibandingkan dengan sistem jaringan lainnya buat mereka para pebisnis.
  3. Bisa dipakek buat Transfer Data dengan kecepatan tinggi.

Kekurangan Jaringan MAN

Selain dari ke 3 kelebihan dari Jaringan MAN yang udah admin sebutin diatas, Jaringan MAN ini juga punya kekurangannya loh, Kekurangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jaringan MAN Ini mungkin banget sirsak sama orang-orang jahil yang punya kepentingan pribadi. Jadi harus bener-bener dijaga dengan baik.
  2. Perbaikan Jaringan MAN Pastinya lebih lama dibandingkan dengan Jaringan LAN. Soalnya jangkauan ataupun cakupan dari Man ini yang lebih luas dari Jaringan LAN.

Kesimpulan

Dari apa yang udah admin paparin diatas, bisa disimpulin kalau Jarigan MAN Ini Cakupan Areanya lebih luas dibandingkan dengan Jaringan LAN. Nggak cuman itu, proses perbaikannya juga lebih ribet dibandingkan dengan jaringan LAN dan butuh waktu lebih lama buat perbaikin.

Post a Comment for "Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)"