Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaringan Local Area Network ( LAN )

Jaringan Local Area Network (LAN) - Local Area Network (LAN) merupakan salah satu jenis dari jaringan komputer yang cuma mampu mencakup wilayah lokal aja. 

Jaringan Local Area Network ( LAN )

Artinya, jaringan LAN ini Cuma bisa dipake sama pengguna yang berada di area LAN ini. LAN juga menghubungkan sebuah perangkat ke jaringan internet via perangkat jaringan yang sederhana.

Dalam jaringan LAN biasanya kita bakalan dengan mudah ngeliat kabel UTP, Hub, Switch sampe perangkat lain yang dikenal dengan nama Router. 

Contoh paling gampang yang bisa kalian liat dari jaringan LAN ini adalah komputer-komputer di sekolah, perusahaan, atau pun warnet yang sering kalian kunjungin. 

Nggak cuman itu aja, Jaringan pada area lain yang emang terbatas biasanya juga merupakan jaringan LAN.

Sebagai salah satu jaringan dengan jangkauan area lokal, LAN ini punya beberapa karakteristik yang mudah buat diidentifikasi. 

Adapun ciri yang paling umum dari jaringan LAN ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Nggak pake jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.
  • Jaringan LAN ini biasanya dipake buat kepentingan pribadi aja.
  • Administrasi pada jaringan LAN biasanya cuman meliputi administrasi lokal doank.
  • Di dalam jaringan LAN ini biasanya punya satu komputer khusus yang dipake buat ngontrol semua perangkat lain biar bisa jalan kayak yang diharapin.

Apa Sih Fungsi LAN?

Sebenarnya ada banyak fungsi dari Jaringan LAN ini yang kalo dibahas sampe bener-bener tuntas bakalan panjang banget.

Tapi kalau ngebahas beberapa fungsi dari LAN ini admin bakal jabarin beberapa poin kayak yang bakal admin jelasin di bawah ini.

Untuk Ngehubungin Antara 2 Komputer atau Lebih.

Jaringan LAN ini emang dipakek buat ngehubungin antara 2 komputer atau lebih baik secara langsung ataupun dengan menggunakan media perantara. 

Dua komputer bisa langsung dihubungin pake kabel UTP kayak 2 buah komputer yang dihubungin pakek tali gitu.

Cuman, buat kamu yang pengen hubungin banyak komputer maka kalian bakal butuh perangkat bantu yang namanya Switch atau HUB maupun sejenisnya.

Untuk Mindahin File Dari Satu Komputer ke Komputer Lainnya.

Dengan memanfaatkan jaringan LAN ini, kita nggak perlu lagi bolak balik masukin flash disk dari komputer 1 ke komputer lainnya. 

Soalnya kamu bisa langsung pindahin data dari setiap komputer yang terhubung sama LAN ini dengan begitu gampang.

Dengan Lan kamu bisa melakukan pemindahan data via sharing di komputer.

Untuk Sharing Printer

Selain sharing data, jaringan LAN ini juga memungkinkan kamu buat berbagi printer ( Bukan bagi-bagi printer ya guys ) tapi Share file ke printer buat di print. 

Hal ini tentu bakalan mudahin kalia pada saat kalian pengen ngeprint dokumen di tempat yang berbeda tapi cuman pake satu printer doank.

Nggak cuman itu, dengan manfaatin jaringan LAN ini juga pastinya bakalan mudahin semua pengguna printer juga bisa biaya yang dikeluarin jadi lebih sedikit.

Langkah yang harus dilkuin sebenarnya gampang aja, yakni dengan cara share driver printer yang ada di menu Control Panel. 

Kalau udah dibagiiin (ke seluruh pengguna), printer yang dimaksud udah bisa dipake rame-rame tanpa harus mindahin komputer ataupun printer.

Mungkin kamu udah sering jumpain teknologi kayak gini waktu kamu ke warnet. Soalnya disitu pasti ada tulisan sewa komputer dan print-an. 

Karena gitu file yang kamu bikin udah siap, kamu pasti bisa langsung nyetak file tersebut sesuai dengan pilihan printer yang tersedia warnet itu sendiri.

Untuk Nririmin Pesan ke Komputer Lain Yang Terhubung ( LAN Chatting )

Jaringan LAN ini juga bisa dipake buat ngirim pesan antar komputer yang emang terhubung ke jaringan di area LAN ini.

Aktivitas semacam ini bahkan bisa kamu lauin tanpa harus terhubung ke internet lebih dulu. Walaupun ntar di komputer kalian bakalan Jaringan LAN nya bakalan telihat status Onbline.

Sebenarnya cara buat jalanin LAN Chatting ini gampang-gampang aja buat dilakuin, kamu cuman tinggal pakek aplikasi bawaan Windows kayak winchat.exe atau dengan menggunakan perangkat lunak LAN Chatting lainnya.

Untuk Melakukan Remote Komputer

Sebenarnya kamu bisa melakukan aktivitas remote pada suatu komputer dengan menggunakan perangkat lunak kayak TeamViewer. 

Tapi, kalau misalkan kamu pakek software tersebut, kamu harus pastiin dulu kalau komputer kamu terhubung ke internet.

Berbeda halnya dalam jaringan LAN, kamu bisa melakukan remote yang nggak ngeharusin kamu buat terhubung ke internet. 

Kamu cukup manfaatin fitur Remote Desktop Manager/Connection yang udah disediain sama  Microsoft. 

Selebihnya kamu bisa ngontrol komputer di dalam jaringan LAN ini dengan gampang banget.

Apa Kelebihan dan Kekurangan LAN ?

Jaringan LAN ini cuman mencakup area yang lebih kecil. Bahkan cakupannya ini nggak seluas cakupan jaringan internet

Maka dari itu, tentu LAN punya beberapa kelebihan dan juga kekurangan tersendiri. Adapun Kelebihan dan Kekurangan dari jaringan LAN ini diantaranya adalah.

Kelebihan Jaringan LAN

  • Karena jangkauannya yang cuman mencakup area kecil aja, maka buat ngebangun jaringan LAN ini kamu nggak harus ngeluarin terlalu banyak biaya. Selain itu, kabel yang pakek buat bangun Jaringan LAN ini pun nggak terlalu panjang. Yang pasti hal ini bakalan bikin biaya yang harus dikeluarin jadi lebih hemat.
  • Via Jaringan LAN, aktivitas transfer data antar node bakalan berlangsung dengan lebih cepat pastinya.
  • Jaringan LAN ini nggak membutuhkan operator telekomunikasi yang terlalu ribet kayak jaringan internet.

Kekurangan Jarigan LAN

Untuk kekurangan dari Jarigan LAN ini kalau menurut admin cuman satu doank, yaitu jangkauan area koneksinya yang terbatas banget. Hal ini terjadi emang karena LAN cuman mencakup area lokal aja.

Post a Comment for "Jaringan Local Area Network ( LAN ) "