Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mepercepat Google Chrome

Cara Mempercepat Google Chrome Google Chrome merupakan salah satu browser yang paling banyak digunakan sekarang ini baik itu di Laptop, Smarphone, Tablet hingga ke PC pun banyak yang menggunakan Browser yang satu ini.

Cara Mepercepat Google Chrome

Tapi nggak sedikit dari pengguna Google Chrome yang ngeluhin kalau Chrome mereka ini kadang jalannya lemot banget. Padahal mereka cuman buka satu Tab doank buat browsing.

Sebenarnya penyebab Google Chrome kalian lambat ini bisa berasal dari beberapa bagian, bisa aja perangkat yang kalian pake udah lumayan berusia. Ataupun memang kalian nggak pernah ngebersihin Cache brrowser Chrome kalian ini sama sekali.

Padahal ini tuh perbanget kamu perhatiin ( Terutama buat kamu yang make PC atau laptop ) sering kalian pake buat browsing.

Cache

Cache sendiri merupakan sebuah proses nyimpan data sementara sehingga situs, browser, atau juga aplikasi nggak perlu lagi ngunduh-ngunduh data yang sama berulang kali. Analoginya gini, misalkan nih kamu melakukan perjalanan. 

Waktu kamu lagi berkendara ke lokasi baru untuk pertama kali, pasti donk otakmu bakalan menyimpan informasi tentang perjalanan tersebut. Tapi di lain waktu, waktu kamu balik lagi ke lokasi Itu, kamu pasti bakalan pake beberapa informasi yang udah kisimpan tadi  untuk membantu ngenalin beberapa spot dan bisa nyampe dengan lebih cepat. 

Apa Fungsi Cache di Chrome?

Kayak yang udah admin teringin diatas kalau Cache ini berguna buat menyimpan data situs-situs yang pernah kamu kunjungi waktu kamu lagi browsing pake google Chrome ini.

Data-data ini bisa aja berupa teks, gambar, atau pun file-file lainnya . Kalau misalkan kamu ngaktivin cache di browser, maka akses ke halaman yang pernah kamu kunjungi sebelumnya akan lebih cepat.

Tapi asal kamu tau, kalau misalnya Cahche ini nyimpan data dalam jumlah yang kelewat banyak dan nggak pernah kamu hapus, maka siap-siap aja buat makek Chrome kamu dengan performa keong.

Namun, kalau misalkan kamu mau hapus Cache di Chrome kamu masing-masing. Kamu juga harus pernatiin beberapa centangan biar ntar Pasword yang udah kesimpan di Cache ini nggak kehapus.

Apakah Menghapus Cache Chrome itu Aman?

Walaupun sebenarnya waktu kamu hapus cache nanti kamu harus memasukan lagi username kamuusername, tapi sebenarnya data kamu dijamin aman. 

Karena pada dasarnya tujuah menghapus Cahce di Chrome ini buat ngurangin resiko kinerja perangkat melambat karena terbebani sama ruang penyimpanan sementara (RAM) yang overload.

Bagaimana Cara Menghapus Cache di Google Chrome?

Cara menghapus Cache di Google Chrome ini sebenarnya sama aja kayak Cara Mempercepat Chrome yang mungkin sebelumnya udah pernah kalian liat di blog-blog lain. Adapun Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka Browser Crhome di PC atau Laptop kamu masing-masing dan tunggu sampe Browsernya siap buat dipake.
    Cara Mepercepat Google Chrome

  2. Klik Costumize & Control Goolge Chrome.
    Cara Mepercepat Google Chrome
  3. Pilih More Tools lalu Klik Clear Browsing Data... (Cara Mudahnya bisa Tekan tombol CTRL + Shift + Del )
    Cara Mepercepat Google Chrome
  4. Selanjutanya bakalan muncul kayak gambar dibawah dan centang semua kotak kecuali satu ( Jangan centang kolom Password and Other Sign-In Data ) dan Klik Cleare Data. 
    Cara Mepercepat Google Chrome
  5.  Kalau prosesnya udah selesai maka bakal muncul kayak gini.
    Cara Mepercepat Google Chrome
  6. Selesai
Nah, Gampang kan? Silahkan dicoba, Semoga Berhasil.

Post a Comment for "Cara Mepercepat Google Chrome"