Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baterai Komputer Portable

Baterai Komputer Portable - Komputer portabel Merupakan sebuah perangkat  komputer yang emang dirancang biar mudah buat dipindahin dari satu tempat ke tempat lainnya.

Baterai Komputer Portable

Komputer Portable ini sendiri didalamnya udah ada layar dan juga keyboard. Portable Komputer pertama yang dijual secara komersial ke pasaran adalah 50-pon IBM 5100, yang emang udah diperkenalkan tahun 1975.

Singkatnya, Untuk sekarang ini Komputer Portable udah pake baterai dan punya bentuk yang kompak banget yang bikin perangkat ini mudah buat dibawa kemana aja.

Mungkin kalian juga udah tau lah ya Komputer Portable yang admin maksud disini. Yup, bener banget, Laptop yang kalian liat sekarang bisa dibilang sebagai implementasi dan pengembangan dari Komputer-komputer jadul yang punya ukurang yang super gede.

Bahkan untuk sekarang ini, kalian udah bisa nemuin Baterai Komputer Portable ini yang ukurannya kecil, tipis, tapi punya daya tahan yang luar biasa ( kalau dibandingin sama Baterai Komputer Portable yang dulu ).

Kayak yang udah admin singgung diatas tadi, kalau Baterai Komputer Potable ( Baterai Laptop ini punya beberapa jenis ).Biar lebih jelasnya admin bakalan jelasin di bawah aja ya!

Baterai Nickel Cadmium (NiCd)
Baterai NiCd

Pada dasarnya baterai ini adalah jenis baterai pertama yang bisa dipakek buat laptop. Walaupun emang dulunya baterai ini bisa dibilang sebagai standarnya  teknologi yang ada di dalambaterai laptop

Tapi, karena baterai ini punya banyak banget kekurangan, akhirnya baterai ini mulai ditinggalin.

Kekurangan dari baterai NiCd ini adalah bobotnya yang lumayan berat saat dibandingin sama baterai laptop jenis lain.

Nggak Cuman itu doank sih, Baterai NiCd ini juga rentan banget terkena memory effect, kalau misalkan kalain Makek baterai dalam keadaan belum abis dan kalian udah ngisiin ulang lagi ini baterai, maka baterai ini cuman bakal menyimpan daya segede waktu kalian ngisi baterai tadi. 

Hal ini juga yang bikin kapasitas penyimpanan baterai nantinya bakalan jadi berkurang. 

Selain itu, cadmium sendiri juga merupakan zat yang terkandung dalam baterai NiCd ini, zat ini adalah zat yang bahaya banget buat lingkungan. 

Soalnya Cadium ini bakalan bisa mencemari lingkungan kalau misalkan kalian buang baterai NiCd ini sembarangan kalo misalkan udah nggak kalian pakek lagi.

Baterai Nickel Metal Hydride (NiMH)
Baterai NiMH

Selanjutnya ada Nickel Metal Hydride ( NIMH ) yang merupakan pengganti baterai Nickel Cadmium yang udah kita bahas diatas tadi. 

Baterai ini bisa dibilang lebih baik daripada baterai nickel cadmium, soalnya baterai ini nggak punya zat cadmium yang berbahaya buat lingkungan 

Selain itu, Bateri Nickel Metal Hydride ini  juga nggak terlalu ngaruh sama kapasitas baterai kalau misalkan kalian ulang daya bateri ini waktu dayanya belum bener – bener abis. 

Baterai ini juga mampu nyimpan daya hingga dua kali lebih gede dibandingkan dengan baterai nickel cadmium yang udah kita bahas diatas tadi.

Makanya, nggak heran kalau Baterai Nickel Metal Hydride ini bisa kalian pakek dalam jangka waktu yang lebih lama atau dengan kata lain baterai ini lebih awet.

Sedangkan buat kekurangan betarai ini adalah terlalu sensitif sama suhu. Makanya kalian tidak bisa pakek baterai Nickel Metal Hydride ini pada temperatur yang terlalu rendah atau pun terlalu tinggi.

Baterai Lithium Ion
Baterai Lithium Ion

Terakhir ada Baterai Lithium Ion atau bisa disingkat Li-Ion yang punya bobot lebih ringan dibandingkan baterai nickel metal hydride yang udah kita bahas diatas tadi.

Nggak cuman itu aja, Baterai Lithium Ion juga udah bisa nyimpan daya yang sama gedenya dengan baterai metal hydride. 

Baterai Lithium Ion ini juga aman dari zat berbahaya yang bisa bikin lingkungan jadi tercemar kayak Cadium yang udah kita bahas diatas tadi.

Sedangkan kekurangan dari baterai ini adalah mudah banget tersulut api, jadi buat kalian yang make laptop-laptop baru sekarang ini kalian mesti waspada dengan sistem pengapian Baterai Lithium Ion ini.

selebihnya kayaknya nggak ada komplain sama baterai Baterai Lithium Ion ini, soalnya emang terbukti handal dan bisa dipakek dalam berbagai kondisi bahkan dalam kondisi ekstrem sekalipun.

Post a Comment for "Baterai Komputer Portable"